Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 18 April 2016

Pengertian Data Raster, Vektor dan Data Atribut dalam SIG

Kuis Pertama SIG


Pengertian data Raster, Vektor dan Data Atribut
A.     Data Raster
           Model data raster menampilkan, menempatkan dan menyimpan data keruangan dengan menggunakan struktur matriks atau piksel – piksel yang membentuk grid. Data raster memberikan informasi keruangan apa yang terjadi dimana saja dalam bentuk gambaran yang digenelarisir. (Sumber buku penuntun SIG. 2016). Data raster dihasilkan dari sistem penginderaan jauh dan sangat baik untuk merepresentasikan batas-batas yang berubah secara gradual seperti jenis tanah, kelembaban tanah, suhu, dan lain-lain.Peta Raster adalah peta yang diperoleh dari fotografi suatu areal, foto satelit atau foto permukaan bumi yang diperoleh dari komputer. Contoh peta raster yang diambil dari satelit cuaca.

B. Data Vektor
         Model data vektor menampilkan, menempatkan dan menyimpan data keruangan dengan menggunakan titik – titik, garis atau kurva, poligon beserta  atributnya. Data vektor adalah data yang direkam dalam bentuk koordinat titik yang menampilkan, menempatkan dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik, garis atau area (polygon) . Ada tiga tipe data vector (titik, garis, dan polygon) yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi pada peta. Titik bisa digunakan sebagai lokasi sebuah kota atau posisi tower radio. Garis bisa digunakan untuk menunjukkan route suatu perjalanan atau menggambarkan boundary. Poligon bisa digunakan untuk menggambarkan sebuah danau atau sebuah Negara pada peta dunia. Dalam format vektor, bumi direpresentasikan sebagai suatu mosaik dari garis (arc/line), poligon (daerah yang dibatasi oleh garis yang berawal dan berakhir pada titik yang sama), titik/ point (node yang mempunyai label), dan nodes (merupakan titik perpotongan antara dua baris). Setiap bagian dari data vector dapat saja mempunyai informasi-informasi yang bersosiasi satu dengan lainnya seperti penggunaan sebuah label untuk menggambarkan informasi pada suatu lokasi. Peta Vektor terdiri dari titik, garis, dan area polygon. Bentuknya dapat berupa peta lokal jalan.

C. Data Atribut
         Merupakan data yang berfungsi menjelaskan keberadaan berbagai obyek  data spasial dan bersifat identitas. Data atribut dapat dinyatakan menjadi empat kelompok, yaitu :
    1. Nominal, bersifat membedakan antara yang satu dengan yang lainnya, tanpa ada urutan berdasarkan harkat, keterangan identitas.
     2. Ordinal, bersifat membedakan yang satu dengan yang lain dan bersifat urutan.
     3. Interval, mengacu ke obyek alam yang bersifat selang (minimum dan maksimum) tertentu dan adanya interval baku tertentu.
     4.  Ratio, mempunyai ciri yang sama dengan interval tetapi mempunyai nilai awal mutlak.

Kelebihan dan kekurangan Data Raster dan Data Vektor
Data Raster
Data Vektor
Kelebihan
Kelebihan
Lokasi geografis untuk setiap sel secara jelas disajikan dalam bentuk posisinya dalam matriks sel.
Data dapat disajikan pada resolusi dan bentuk aslinya tanpa generalisasi.
Anaisis data mudah diprogram dan cepat dianalisis
Luaran grafis biasanya disajikan secara lebih menarik
Sangat ideal digunakan untuk kepentingan analisis pemodelan matematis dan kuantitatif.
Karena kebanyakan data sudah dalam bentuk vektor maka tidak memerlukan konversi data.
Kompatibel dengan printer berbasis raster.
Lokasi geografis dari data dapat dipertahankan secara baik.
Kelemahan
Kelemahan
Ukuran sel menentukan resolusi dari data lapangan yang diwakilinya.
Posisi setiap verteks perlu disimpan secara eksplisit.
Sangat sulit menyajikan data dalam bentuk linear.
Untuk dapat melakukan analisis secara evektif data vektor harus dikonversi ke dalam struktur topologi.
Terdapat masalah integritas data sebagai akibat adanya generalisasi dan pemilihan ukuran sel yang kurang tepat.
Algoritma untuk keperluan analisis leboh kompleks.
Pada umumnya peta luaran dari sistem berbasis raster kurang memadai untuk keperluan kartografi dengan kualitas yang tinggi.
Data yang kontinyu seperti data elevasi tidak dapat disajikan secara efektif dalam bentuk vektor.




  Gambar 1. Contoh gambar raster dan veltor


Selain informasi di atas penulis juga ingin menambahkan infor seputar skala peta.
Skala Peta dapat diartikan sebagai perbandingan (rasio) antara jarak dua titik pada peta dan jarak sesungguhnya kedua titik tersebut di permukaan bumi atau di lapangan, dan pada satuan yang sama. Skala peta adalah informasi yang mutlak harus dicantumkan agar pemakai dapat mengukur jarak sesungguhnya pada peta. Misalnya peta skala 1:250.000 artinya jarak 1 cm di peta sama dengan jarak 250.000 cm di lapangan (jarak horizontal). Skala pada peta dapat ditulis dengan dua cara yaitu dengan cara menulis skala angka atau skala garis, tentang macam-macam skala peta ini akan dibahas terpisah pada postingan yang lain.

Rumus Skala Peta
Rumus skala peta digunakan untuk menentukan atau menghitung besar skala dari suatu peta. Rumus ini sangatlah sederhana, hanya memuat perhitungan biasa. Kami yakin semuanya dapat menggunakan rumus skala peta ini dengan baik. Seperti apa rumusnya? Berikut ini adalah rumus mencari besar skala dari suatu peta:
Rumus Mencari Skala
Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya.

Mari kita coba rumus skala peta di atas melalui contoh soal berikut ini:
Diketahui jarak kota A dan kota B dalam peta adalah 20 cm. Sedangkan jarak sesungguhnya ketika diukur di lapangan adalah 200.000 cm. Berapakah besar skalanya?

Jawab: Skala Peta = Jarak pada peta / jarak sesungguhnya = 20 cm : 200.000 cm = 1 : 2000.
Jadi, besar skala peta tersebut adalah 1 : 2000.
Sekian uraian tentang Data Raster, Data Vektor dan Atribut serta Skala Petasemoga bermanfaat. ^_^

3 komentar:

  1. artikel yang sangat bermanfaat.
    setelah membaca artikel ini saya jadi tau apa itu Data Raster, Data Vektor, Atribut dan Skala Peta yang terdapat dalam Sistem Informasi Geografis.
    Terima kasih sudah menambah wawasan saya :))
    kunjungi website saya ya https://aditrakasiwi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus ni, informasi yang disampaikan ringkas, namun padat berisi. mantap gan, ditunggu artikel-artikel berikutnya
    oh ya gan, jika berkenan, jangan lupa kunjungi website kampus saya di http://www.atmaluhur.ac.id/ dan webblog saya di https://rtrw.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas infomasi yang diberikan. Informasi anda mengenai Pengertian Data Raster, Vektor dan Data Atribut dalam SIG sangat membantu dalam pemahaman saya mengenai Perbedaan Data Raster, Vektor dan Data Atribut dan penyelesaian tugas perkuliahan saya.
    Kunjungi web saya zelikhablog.wordpress.com dan web kampus saya https://www.gunadarma.ac.id/
    Terima kasih.

    BalasHapus

 

Blogger news

Translate

Blogroll

About