Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 13 Oktober 2015

Hijrah Ku dan Hijrah Mu

SELAMAT TAHUN BARU 1437 HIJRIYAH

               Tahun baru Hijriyah merupakan tahun baru dalam islam yang diawali oleh hijrah Nabi Muhammad SAW. dari mekah ke madinah. Perayaan tahun baru Hijriyah tentu seharusnya dirayakan atau diperingati secara Islami, tidak bertentangan dengan hukum-hukum Islam. Misalnya mengikuti kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa), memperbanyak zikir kepada Allah, Muhasabah diri, ber i'tikaf dan mengevaluasi diri dosa apa yang sudah dilakukan selama ini sehingga akan membuka perubahan kepintu taubat dan perbaikan diri. Karena finalnya tahun baru Hijriyah ini adalah kita Hijrah dari keburukan menuju kebaikan.

                Jika selama ini kita menjadi manusia yang sombong tidak patuh kepada Allah SWT maka diharapkan kita bisa melakukan perubahan dengan menjadi hamba Allah yang rendah hati dan taat kepada Allah SWT.

                 Jika selama ini kita menjadi manusia yang malas beribadah kepada Allah SWT, maka diharapkan kita menjadi hambanya yang senantiasa patuh perintah Allah. Agama Islam memberikan aturan kepada umatnya bukan untuk mengekang atau menghukum kita. Akan tetapi karena Islam adalah agama yang sempurna yang paling mengerti dan memahami kebutuhan umatnya dan Allah SWT maha menyayangi umatnya tanpa batas. Maka aturan-aturan itu agar kita tidak menjadi hambanya yang merugi, tidak menjadi hambanya yang sesat. Allah SWT menginginkan kita menjadi hambanya yang selamat dunia akhirat.

                 Perayaan tahun baru tidak mesti berfoya-foya, tidak dengan bersenang-senang di jalanan, atau menghabiskan malam dengan berhura-hura melakukan hal yang tidak bermanfaat.
Tahun baru ini hendaknya mampu menghantarkan kita pada perubahan dan hijrah kita dari jalan jahiliyah kejalan yang penuh berkah. Mari kita isi malam-malam ini dengan aktifitas yang bermanfaat untuk kita, maupun orang lain.

                 Untuk saudara/i ku yang punya tugas, lebih baik menyelesaikan tugasnya kemudian perbanyaklah do'a kepada Allah agar tugas yang dibuat diterima oleh dosen/guru sehingga mendapat nilai yang memuaskan.

                 Untuk sobat yang tidak mempunyai kesibukan, sibukkan dengan hal-hal positif, intopeksi diri apa saja yang sudah dilakukan selama ini?, apa saja yang sudah dihasilkan selama ini?, apa saja yang sudah diperbuat selama ini? mari bersama-sama memperbaiki diri sejak dini. Karena tidak selamanya kita hidup di dunia, sebelum sang malaikat datang masih terbuka lebar pintu menuju menjadi kebaikan.

                  Ingat orangtua mu, mereka tidak tahu apa yang kita lakukan disini. Apa kamu tega membuat mereka kecewa? Apa kamu tega menyianyiakan waktu dan kepercayaan yang diberikan mereka kepada kita? Percayalah sobat, baik yang  kita lakukan akan baik juga untuk orangtua kita. Buruk yang kita lakukan akan buruk juga untuk orangtua kita. Sayangi mereka selagi masih ada didunia, do'akan mereka jika nanti telah tiada.




"bersenang-senanglah jika menurut mu itu membuat kamu senang,
namun BERHATI_HATI LAH, apa yang kamu lakukan sekarang dan BERFIKIRLAH sebelum melangkahkan kaki ke tempat tujuan mu".

Oleh:
          TR. Yon

2 komentar:

  1. syukron jazakallah akh atas nasihatnya. mudah2 dengan ini ana semakin pintar mengintrospeksi diri. allah humma yaallah.
    astaufirullah haladzim.

    BalasHapus
  2. Sama-sama akhi, mari kita terus menjadi hambanya yang senantiasa melakukan perubahan. Semoga Allah memudahkan.

    Laahaulawala quwata illa billah.

    BalasHapus

 

Blogger news

Translate

Blogroll

About